Solusi Pengelolaan Perpustakaan dengan Gaya

Pengelolaan perpustakaan yang dinamis dan bisa beradaptasi dengan kebutuhan penggunanya merupakan salah satu aspek penting dalam manajemen perpustakaan. Perpustakaan dituntut untuk terus memberikan layanan yang terbaik dan terus terjaga. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas layanan adalah dengan melakukan otomatisasi perpustakaan yang tepat dan handal.

Otomatisasi sistem perpustakaan adalah implementasi teknologi informasi pada pekerjaan administratif di perpustakaan, seperti proses pengadaan, pengatalogan, sirkulasi, dan inventarisasi koleksi. Dengan sistem otomatisasi perpustakaan yang handal, kualitas dan ketersediaan layanan dapat terukur, yang pada akhirnya semua itu dapat meningkatkan kepuasan pengguna perpustakaan.

SENAYAN Library Managemnt System (SLiMS) merupakan pengembangan lebih lanjut aplikasi Open Source SENAYAN untuk kebutuhan otomatisasi perpustakaan. Keunggulan SLiMS adalah bisa berjalan secara natif hampir di semua Sistem Operasi yang bisa menjalankan bahasa pemrograman PHP dan RDBMS MySQL. SLiMS sendiri dikembangkan di atas platform GNU/Linux dan berjalan dengan baik di atas platform lainnya seperti Unix *BSD, Windows, dan Macintosh.

Tahun 2009, SENAYAN meraih penghargaan pertama pada INAICTA 2009 yang diselenggarakan oleh Depkominfo untuk kategori open source. Pemanfaatan aplikasi otomasi ini terbukti mampu meningkatkan kualitas layananan perpustakaan menjadi lebih baik. Lebih dari 100 lembaga melaporkan telah memanfaatkan SENAYAN, dan lebih dari 200.000 kali aplikasi ini diunduh lewat situs senayan.diknas.go.id.

SLiMS sepenuhnya dikembangkan menggunakan Open Source Software, dilisensikan dibawah GPLv3, untuk menjamin kebebasan dalam mendapatkan, memodifikasi dan mendistribusikan kembali. Bersama dengan Senayan Developer Community, PT Gaia-dB aktif mengembangkan aplikasi ini untuk mendukung pengembangan perpustakaan yang lebih baik di Indonesia.

Alih Media dan Arsip

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1971 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kearsipan dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1997 tentang Dokumen Perusahaan, mewajibkan setiap instansi/organisasi baik Pemerintah maupun Swasta berkewajiban menyimpan, memelihara dan menyelamatkan arsip/dokumen sebagai bahan bukti akuntabilitas kinerja instansi dan pertanggungjawaban nasional.

Penyelenggaraan kearsipan secara baik dan benar akan menjadi aset organisasi, juga berguna sebagai bahan pengambilan keputusan. Arsip/dokumen yang teratur dan benar pengambilan akan mempercepat dan mendasarkan pengambilan keputusan yang tepat. Terselenggaranya kearsipan secara baik dapat mengurangi kesalahan manajemen melalui tersedianya informasi yang akurat.

Sementara itu dilain pihak, keterbatasan ruang terutama di wilayah perkantoran dan bisnis di perkotaan, mengharuskan organisasi mengeluarkan biaya lebih untuk penempatan arispnya dengan produktifitas arsip yang tinggi. Belum lagi ancaman kerusakan arsip/dokumen akibat peristiwa alam (banjir, kebakan, dsb) dan disebabkan oleh agen perusak (seperti tikus, serangga, jamur, dsb).PT Gaia dengan dukungan mitra yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun dibidangnya menyediakan solusi untuk: konsultasi kearsipan, pembuatan sistem kearsipan, otomasi kearsipan, penataan arsip, serta alih media arsip/dokumen.

plants